Mengenal Deretan Penyebab Disleksia Pada Anak Berikut Ini!

April 22, 2020 by No Comments

Banyak sekali masalah kesehatan yang bisa diderita oleh si anak dan harus dipahami oleh orang tua. Hal ini tentu saja supaya terhindar dari perkiraan yang mungkin saja bisa membuat anak justru salah mendapatkan penanganan.

Seperti salah satunya gangguan kesehatan disleksia, ini merupakan kondisi dimana penderita mengalami kesulitan untuk membaca, menulis, memahami ataupun yang lainnya.

Meskipun secara umum sering terjadi pada anak-anak tetapi untuk orang dewasa tidak menutup kemungkinan pula bisa mengalami masalah yang satu ini.

Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan mengatakan jika disleksia itu disebabkan oleh sistem pengajaran yang buruk. Jadi terjadi gangguan pada sistem otak penderita, tentu apa yang diterima tidak diolah atau diproses sama pada otak dari penderita disleksia itu sendiri.

Meskipun memang secara pasti belum diketahui apa sebab dari masalah otak tersebut, tetapi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Penyebab genetik.

Hal pertama bisa disebabkan oleh faktor genetik, umumnya memang cenderung berlanjut pada dalam keluarga. Jadi bisa dikatakan keturunan merupakan salah satu hal yang mempengaruhi anak mengalami masalah tersebut. Tetapi memang belum bisa dipastikan dengan baik seperti apa penyebab dari kecacatan tersebut sehingga dapat berakibat pada terjadinya disleksia.

  • Cedera otak.

Kemungkinan yang selanjutnya adalah cedera pada bagian otak, ini paling sering sekali menjadi penyebab dari disleksia. Beberapa kasus terjadi setelah kelahiran, ini tentu saja tidak termasuk dalam penyebab genetik. Banyak sekali hal yang dapat membuat cidera pada otak seperti kecelakaan, stroke, ataupun yang lainnya.

  • Proses fonologi.

Lalu faktor paling umum selanjutnya adalah fonologi, ini merupakan gangguan yang disebabkan mengalami kerancuan atau tidak bisa membedakan antara huruf satu dengan lainnya. Apalagi untuk proses menggabungkan kata satu dengan lainnya pasti akan kesulitan sekali.

Tidak sedikit orang yang mengatakan jika disleksia tidak mempengaruhi dari kecerdasan seseorang. Hanya saja hal itu tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya disleksia itu bisa terjadi pada semua tingkat kecerdasan.

Baik mereka yang berada dibawah rata-rata ataupun diatas rata-rata, jadi perlu untuk dipahami dengan baik. Masalah disleksia sendiri tentu akan membuat halangan seseorang untuk mencapai tingkat kecerdasan, meskipun memang seharusnya kecerdasan berada diatas rata-rata.

Nah, sebagai penutup dari pembahasan mengenai gangguan disleksia yaitu cara untuk mengatasinya. Umumnya memang bisa dilakukan dengan cara terapi, karena sampai dengan saat ini masih belum diketahui secara lebih jelas obat seperti apa yang mampu mengatasi masalah tersebut.

Terapi yang dapat dilakukan adalah terapi otak, meskipun tidak bisa memberikan hasil secara langsung tetapi paling tidak akan sedikit menjadi solusi yang terbaik untuk mencapai kesembuhan dengan normal lagi.

 

 

Tags: