Makanan Berikut Bisa Menyebabkan Penyakit Diare Jadi Harus Dibatasi Ya

January 9, 2022 by No Comments

Pastinya hampir semua manusia pernah terkena diare tanpa terkecuali, baik itu anak-anak sampai dengan orang dewasa. Kondisi kesehatan yang juga dikenal sebagai mencret, karena memang penderitanya akan mengalami buang air besar berkali-kali ditambah lagi dengan kondisi feses yang seharusnya padat, justru berubah menjadi cair.

Kemudian perut nantinya juga akan terasa sakit melilit dan tidak bisa menahan buang air besar. Diare ini bukan penyakit yang baru lagi memang di tengah-tengah masyarakat, karena ia merupakan sebuah gejala masalah atau gangguan pencernaan. Faktor penyebabnya sendiri juga sangat beragam.

Dan diantara penyebab penyakit diare yang paling banyak dijumpai adalah dari makanan yang dikonsumsi, sadar atau tidak bahwa sebenarnya ada banyak jenis makanan nikmat yang justru memiliki efek pencahar atau menyebabkan diare. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan diare dan harus dibatasi, yaitu:

-Makanan pedas, cita rasa pedas dalam makanan memang akan membuat nafsu makan meningkat, namun hal ini kurang begitu baik bagi kesehatan. Patut untuk diketahui bahwa memang kandungan capsaicin yang ada dalam makanan pedas ini berpotensi untuk menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan, diantaranya adalah iritasi lambung, sehingga berdampak pada diare dan beberapa kondisi lain layaknya mual, muntah maupun sakit perut.

-Produk pengganti gula, di pasaran sendiri ada banyak orang yang mengandalkan produk pengganti gula untuk membuat aneka hidangan maupun minuman yang manis, agar nantinya lebih ekonomis. Hanya saja pemanis buatan layaknya sakarin, aspartame sampai dengan sukralosa ini memiliki sifat pencahar, sehingga setelah konsumsinya akan membuat seseorang mengalami diare. Baca terlebih dahulu label keamanan yang ada pada produk tersebut.

-Susu serta produk olahannya, tidak semua orang memang, melainkan sebagian besar diantaranya memang mengalami kecenderungan intoleransi laktosa, dimana memang tubuhnya secara alami memang tidak menghasilkan enzim yang dapat memecah gula dari susu sapi tersebut, efek samping yang akan terjadi adalah tubuh yang mengalami diare. Sehingga bagi yang memiliki intoleransi laktosa sebaiknya tidak mengkonsumsi susu sapi dan olahannya.

-Makanan dan minuman yang mengandung kafein, tak hanya kopi saja, melainkan juga beragam jenis olahan dengan kandungan kafein yang ada didalamnya bisa menjadi pemicu diare, karena memiliki efek pencahar. Namun bagi kamu pecinta kopi juga tak perlu khawatir asalkan masih dikonsumsi dalam batas wajar sebenarnya aman-aman saja.

-Makanan cepat saji, ini adalah pilihan makanan yang nikmat dan juga praktis dikonsumsi apalagi ketika kamu sedang terburu-buru. Namun juga patut untuk diketahui bahwa memang jenis makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya bisa menjadi penyebab diare, bahkan akan memperburuk kondisi diare Anda. Apalagi ia juga kecil nilai gizinya dan justru kurang bermanfaat bagi tubuh.

-Alkohol, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya alkohol sendiri juga cukup rentan menyebabkan penyakit diare, diantaranya adalah jenis bir dan juga anggur, biasanya kamu akan mengalami diare keesokan harinya setelah konsumsi alkohol, jangan dikonsumsi lagi atau nantinya akan memburuk kondisi tersebut.

Selain dari segi makanan, penyebab dari penyakit diare yang lainnya juga bisa karena pola hidup yang kurang bersih, tidak menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun secara rutin maupun sejenisnya jadi akan lebih mudah bagi kuman penyebab diare nantinya masuk kedalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Ada baiknya untuk mencegah dari pada mengobati, terapkan gaya hidup sehat dan juga bersih agar terbebas dari diare.

Sekian perjumpaan kita pada artikel yang saya buat ini mengenai makanan yang bisa jadi penyebab penyakit diare semoga apa yang saya tulis di atas bermanfaat dan berguna, sampai jumpa lagi di lain kesempatan pada blog ini salam sehat.

Sumber: https://diarepedia.com/