Lakukan Cara Berikut Agar Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari P2P Lending

November 25, 2020 by No Comments

Bagi mereka yang sedang merintis usaha, modal menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan. Tanpa modal yang cukup, maka akan sangat susah untuk mengembangkan usaha yang dirintis. Untuk mempersiapkan modal usaha, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan pinjaman dana. Anda banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan pinjaman dan sebagai modal usaha. Jika Anda menginginkan proses yang mudah dan cepat, maka melakukan pinjaman online langsung cair tanpa ribet dari P2P Lending sangatlah disarankan.

P2P Lending merupakan platform fintech online dengan sistem kerjanya adalah mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan peminjam. Pada pinjaman P2P Lending, semua prosesnya dilakukan secara online. Jadi antara pemberi pinjaman dan peminjam tidak akan bertemu tatap muka satu sama lain. Selain itu, peminjam bisa mengajukan pinjaman tanpa harus memiliki agunan. Karena kemudahannya inilah, P2P Lending sangat disarankan bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman untuk modal usaha.

Namun meskipun terbilang mudah dan cepat, sebaiknya ketika Anda meminjam dana dari P2P Lending juga harus melakukan persiapan dan pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Terlebih tidak semua perusahaan P2P Lending sudah terpercaya, sehingga menuntut Anda untuk lebih berhati-hati. Apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama Anda mengajukan pinjaman di P2P Lending. Nah, agar bisa meminjam dengan aman di P2P Lending, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

 

  • Carilah informasi mengenai P2P Lending.

 

Jika Anda masih awam dan belum memiliki pengalaman terkait pinjaman yang dilakukan di P2P Lending, maka sebaiknya cari tahu informasinya terlebih dahulu. Baik itu informasi umum maupun beberapa pihak yang menawarkan pinjaman P2P Lending.

 

  • Pastikan Anda memiliki laporan keuangan yang baik.

 

Jika bisnis yang Anda jalankan memiliki laporan keuangan yang baik, maka peluang pengajuan pinjaman dana bisa diterima akan semakin besar. Calon investor juga akan menganggap dana yang mereka tanamkan tidak akan sia-sia lantaran melihat laporan keuangan bisnis Anda tidak mengalami masalah.

 

  • Ajukan pinjaman dana pada perusahaan P2P Lending yang sudah terdaftar di OJK.

 

Melakukan pinjaman secara online pastinya memiliki resiko terkena penipuan atau hal sejenisnya. Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman di P2P Lending sebaiknya pastikan platform sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK karena itu menandakan sudah aman dan terpercaya.

 

  • Pinjamlah dana sesuai dengan kebutuhan.

 

Ketika meminjam dana, pikirkan bagaimana nanti caranya untuk bisa membayar cicilan, bagaimana bunga berjalan, dan pertimbangan lainnya. Agar nanti Anda tidak terbebani dengan cicilan pinjaman yang harus dibayarkan, maka sebaiknya meminjam dana sesuai kebutuhan. Sebagai saran, sebaiknya meminjam dana dengan maksimal besarannya tidak lebih dari 30% pendapatan.

 

  • Siapkan semua dokumen yang diperlukan.

 

Setiap platform pasti memiliki kebijakan masing-masing untuk syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak. Maka dari itu, hal ini perlu Anda cermati dengan baik. Anda bisa mencari tahu mengenai dokumen apa saja yang harus dikumpulkan dan syarat apa saja yang harus dipenuhi.

 

  • Minta saran dari orang terdekat.

 

Jika Anda belum pernah mengajukan pinjaman dana dari P2P Lending, sebaiknya minta saran dari orang terdekat yang sekiranya sudah pernah melakukannya. Sehingga Anda bisa mengetahui testimoni langsung dari mereka.

Dengan melakukan cara di atas, diharapkan Anda bisa mengajukan pinjaman online langsung cair tanpa ribet di P2P Lending dengan aman dan lancar. Semoga bermanfaat!