Cara Merawat Kura – kura Mata Mata Peliharaan Anda

September 2, 2020 by No Comments

Umumnya dikenal sebagai Kura – kura Mata Mata, Chelus fimbriata adalah spesies penyu gertakan di Amerika Selatan. Mereka biasanya ditemukan di Sungai Orinoco dan lembah Sungai Amazon. Salah satu jenis penyu yang paling aneh, penyu Mata Mata terlihat kasar seperti tumpukan kayu dan daun yang kering dan membusuk.

Ini ditandai dengan kepala segitiga besar, leher memanjang ditutupi dengan sisik, paku dan tanduk. Tiga duri menonjol di bawah dagu dan dua set duri berserabut menonjol dari rahang atas. Rahang atasnya agak bersudut dan memanjang menjadi moncong panjang berbentuk snorkel. Moncong snorkel mungkin digunakan dengan cara yang sama seperti snorkel penyelam scuba. Karapas berwarna coklat atau hitam (cangkang atas) berbentuk segi empat dan dapat mencapai 18 inci pada orang dewasa. Karapas datar dengan lunas dan gerigi yang luas.

Tiga lunas sejajar sepanjang bentangan cangkangnya, tumbuh dari setiap sisik dan berakhir menjadi formasi seperti gumpalan. Wajah tersenyum lebar, dilengkapi dengan struktur misterius membuatnya terlihat sangat jahat, hampir seperti Joker Batman. Plastron tidak terikat dan lebih kecil dari karapasnya. tukik berwarna cerah, dapat dikenali dari cangkang coklat dan garis-garis merah-hitam cerah di tubuh mereka.

Bagaimana Mempersiapkan Rumah untuk Kura – kura Mata Mata Anda

Kura-kura Mata Mata mendiami anak sungai yang bergerak lambat dan kolam dangkal, rawa, kolam stagnan, dan lahan basah di sekitar Sungai Amazon dan anak sungai di Kolombia, Ekuador, Peru dan Brasil. Meskipun Mata Mata adalah spesies akuatik, ia cenderung menghindari badan air yang dalam. Air dangkal dengan banyak puing-puing alami dan sedikit vegetasi sangat ideal untuk mereka.

Struktur fisik mereka telah berkembang untuk menawarkan kamuflase yang mengesankan di lingkungan seperti itu. Kura-kura ini ahli dalam bermalas-malasan. Ini mungkin alasan mengapa mereka menghindari badan air yang lebih dalam, agar tidak tertidur dan tenggelam ke dasar. Mereka duduk di tengah puing-puing, mengapung di air dan Anda akan melihatnya hanya jika mereka bergerak, dan ITU, sobat, jarang terjadi. Kura-kura ini duduk diam seperti batu dan jarang bergerak.

Mereka sangat berhati-hati saat bergerak di air. Bahkan jika mereka merasakan suguhan favorit di sekitar mereka, mereka akan tetap bersantai. Mereka hanya akan melebarkan lehernya dan membuka mulutnya untuk menghisap camilan dengan sedikit air. Mereka menelan camilan, membuang kelebihan air. Pada saat-saat seperti itu si pemalas akan mengejutkan Anda dengan kecepatan yang luar biasa.

The Chelus fimbriata lebih memilih menghabiskan sebagian besar hari dicelupkan ke dalam air dangkal. Tangki air 300 galon, berukuran 4×4`, akan cocok untuk Mata Mata Turtle dewasa. Kedalaman air tidak boleh melebihi 8 hingga 10 inch. Meskipun mereka bukan spesies yang paling aktif, Anda harus menyediakan ruang yang cukup untuk memungkinkan pergerakan bebas.

Mereka milik Tropis; oleh karena itu disarankan untuk mensimulasikan suasana serupa di akuarium. Suhu ideal untuk simulasi habitat mereka harus sekitar 80-90 derajat Fahrenheit. Suhu di area berjemur harus sekitar 100 derajat Fahrenheit. Jika memungkinkan, Anda harus membiarkan kura-kura Anda berada di bawah sinar matahari alami. Jika hal ini tidak memungkinkan, disarankan untuk memasang sinar UVB di atas area berjemur.

Bagaimana Memberi Makan Mata Mata Turtle Anda

Penyu Mata Mata adalah karnivora yang kejam dan lebih suka memangsa daging hidup. Ikan hidup adalah kelezatan pilihan mereka. Molly, mas, minnows, guppies, dan mola-mola juga menarik untuk dicicipi. Tidak seperti banyak kura-kura lainnya, Mata Mata bukanlah pemakan ikan, ia hanya makan saat lapar.