Kelebihan TV LED jika Dilihat dari Back Lightning Technology yang dimilikinya

Kelebihan TV LED jika Dilihat dari Back Lightning Technology yang dimilikinya

Saat ini dipasaran, terdapat dua jenis Televisi yang banyak diminati. Keduanya adalah TV LCD dan LED. Meskipun sepintas mirip, ternyata TV LED memiliki banyak kelebihan yang membuatnya semakin diminati oleh konsumen loh! Apa sajakah kelebihan tersebut? Berikut ini ulasan mengenai kelebihan TV LED jika dilihat dari Back Lighting Technology yang dimilikinya.

Pada dasarnya baik TV LED maupun LCD menggunakan teknik back light alias penyinaran dari belakang layar. Perbedaan dasarnya adalah pada tv LCD penyinaran dilakukan oleh Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL). Sementara itu, pada tv LED material yang digunakan adalah Light Emiting Diode (LED).

TV LED

Hal tersebut menyebabkan konsumsi listrik tv LED lebih rendang dibanding tv LCD. Karena material LED memang butuh energi listrik yang lebih rendah dibandingkan Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL). Bahkan beberapa merk selisihnya bisa mencapai 50% dari energi listrik pada TV LCD.

Jika dilihat dari sistem kerjanya, keduanya bisa dibilang bekerja dengan sistem yang relatif sama. Teknologi CCFL pada tv LCD menjadi alat untuk menyeleksi jutaan warna yang  terpancar dari backlight. Selain itu, CCFL juga memproduksi gambar hitam. Ditambah dengan LCD shutter yang melewatkan warna putih pada intensitas tertentu. Gabungan shutter dengan filter warna ini berfungsi untuk melewatkan warna utama Red, Green, Blue (RGB). Sehingga akan terbentuk kumpulan warna yang dikenal dengan sebutan piksel. Sementara itu, pada TV LED, backlightnya sudah menggunakan teknologi LED. Material LED punya sistem dimming backlighting yang mampu membuat kontras menjadi lebih kuat. Tak heran jika kelebihan tv LED mampu memberi kualitas rasio lebih besar dibanding tv LCD.

Selain itu, penggunaan material LED pada TV LED juga berpengaruh terhadap ketajaman gambar.  Sehingga TV LED lebih cocok digunakan untuk menonton film dari alat pemutar berteknologi blue ray yang memang membutuhkan televisi dengan rasio kepadatan warna yang tinggi. Saat ini ada dua jenis tv LED yang beredar di pasaran. Pertama, RGB LED yang meletakkan lempengan LED di belakang panel. Kedua, EDGE LED yang meletakkan panel LED di sekeliling layar. Kedua jenis ini sama-sama mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam.

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account