5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Pecinta Studio Ghibli

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Pecinta Studio Ghibli

Karya Studio Ghibli kini dikenal sebagai standar tertinggi dari sebuah film anime. Film-film karya Studio Ghibli yang umumnya mengangkat tema spiritualitas, fantasi, dan dinamika kehidupan manusia mampu memberikan inspirasi kepada para penontonnya.

Selain tema, lokasi-lokasi dalam film Studio Ghibli pun tidak kalah unik. Beberapa lokasinya pun terinspirasi dari tempat yang telah ada di Jepang sejak lama. Selain itu, ada juga tempat-tempat baru yang terinspirasi dari karya-karya Studio Ghibli.

Yakushima

Bagi Anda yang penasaran bagaimana rasanya hidup di dalam dunia imajinasi karya Studio Ghibli atau sedang mencari destinasi wisata yang unik dan tak terlupakan, tidak perlu khawatir. Kini, cukup banyak maskapai yang menyediakan penerbangan langsung dari Indonesia, salah satunya Japan Airlines. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi tempat-tempat berikut ini.

  • Yakushima

Yakushima terletak di Pulau Yakushima, Prefektur Kagoshima. Yakushima sendiri merupakan hutan lebat yang diselimuti oleh lumut hijau yang telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Selain pemandangan hijau yang asri dan magis, Anda juga bisa melihat sebuah pohon raksasa yang dikenal sebagai Jōmon Sugi.

Selain jadi yang terbesar, pohon ini juga merupakan yang tertua dengan usia yang diperkirakan mencapai ratusan hingga ribuan tahun. Bagi Anda pecinta film Princess Mononoke arahan sang legenda Hayao Miyazaki, Pulau Yakushima wajib Anda kunjungi. Jangan lupa bawa figurine Kodama si penjaga hutan yang Anda miliki untuk difoto di sana.

  • Shirakami-sanchi

Bagi Anda pengejar Dewa Rusa si Arwah Hutan dari film Princess Mononoke, Shirakami-sanchi adalah tujuan selanjutnya. Sama seperti Yakushima, Shirakami-sanchi adalah hutan hijau asri yang sangat cocok untuk dijelajahi. Terbentang dari Prefektur Aomori hingga Akita, Shirakami-sanchi memiliki banyak sungai, danau, bahkan air terjun di dalamnya. Di Shirakami-sanchi Anda dapat menemukan sebuah danau kecil yang sangat mirip dengan danau yang menjadi tempat peristirahatan sang Dewa Rusa.

  • Dogo Onsen

Dogo Onsen terletak di Kota Matsuyama, Pulau Shikoku. Apabila Anda pernah menyaksikan film Spirited Away, maka Anda dapat dengan mudah menemukan kesamaan antara Dogo Onsen dengan Aburaya atau Rumah Pemandian milik sang penyihir Yubaba. Selain itu, Dogo Onsen juga merupakan tempat bersejarah karena dikenal sebagai rumah pemandian tertua di Jepang. Bahkan, tersedia pula tempat pemandian yang disiapkan khusus bagi anggota kekaisaran Jepang.

  • Tomonoura

Terletak di Prefektur Hiroshima, Tomonoura adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di pesisir Laut Pedalaman Seto. Hayao Miyazaki bahkan menetap di Tomonoura selama dua bulan sebelum membuat film animasi Ponyo. Selain film Ponyo, Tomonoura juga menjadi lokasi shooting film The Wolverine yang dibintangi oleh Hugh Jackman. Wajar saja kini Tomonoura mulai mulai menjadi destinasi wisata populer di Jeoang. Meskipun demikian, kota ini masih mempertahankan suasana tradisional yang tenang dan damai khas desa nelayan Jepang.

  • Satsuki and Mei House

Satsuki dan Mei adalah dua karakter utama dari film legendaris Studio Ghibli yang berjudul Tonari no Totoro atau My Neighbor Totoro. Satsuki and Mei House adalah replika dari rumah yang menjadi tempat tinggal baru dari Satsuki dan Mei. Putra sang sutradara, Goro Miyazaki, lah yang merancang dan mengawasi pembangunan rumah ini sehingga dapat dipastikan kesesuaiannya dengan film hingga ke detail terkecil, seperti cat yang mengelupas di kusen jendela atau tiang penyangga rumah yang mulai keropos.

Di dalamnya, Anda dapat melihat pernak-pernik milik Satsuki dan Mei seperti peralatan sekolah, pakaian, dan sepatu. Anda juga bisa mengunjungi ruang kerja sang ayah, Tatsuo Kusakabe, yang penuh berisi buku-buku dan kertas-kertas sesuai dengan apa yang ada di film. Oleh karena itu, meskipun hanya sebuah replika tetapi berkunjung ke rumah ini terasa seperti berkunjung ke rumah yang didiami oleh sebuah keluarga yang utuh. Sama sekali tidak terasa bahwa rumah ini adalah bagian dari pertunjukan World’s Fair yang diselenggarakan di dekat Nagoya, Jepang.

 

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account